Senin, 06 Mei 2013

“HAL-HAL YANG PENTING DALAM LATIHAN SEPAKBOLA”


Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat popular di Indonesia bahkan di dunia. Karena sepakbola bisa dimainkan oleh berbagai golongan. Baik dari anak kecil sampai orang dewasa, pria bahkan wanita. Di Indonesia sendiri sepakbola sudah menjadi budaya, karena diberbagai daerah di Indonesia sudah mengenal sepakbola dan sudah memainkannya. Walaupu prestasi Tim Nasional yang semakin memburuk, namun antusiasme supporter Tim Nasional tidak pernah luntur. Ini dibuktikan setiap kali Tim Nasional bermain di Gelora Bung Karno, penonton pasti berdatangan dari berbagai daerah, untuk mendukung Tim Garuda tercinta.
Prestasi Tim Nasional Indonesia semakin memburuk bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali masalah yang ada pada sistem kepengurusan organisasinya. Selain itu juga ada masalah dalam sistem pembinaan atlit usia dininya. Ini terbukti saat pada hari minggu tanggal 14 April 2013 kemarin, saya pergi untuk melihat cara melatih anak usia dini pada salah satu SSB di Kabupaten Blitar. Dan dari sana saya melihat ada yang kurang dari sistem pelatihannya yaitu terlalu monoton dalam latihan, yaitu hanya menggunakan satu sampau dua prinsip latihan yaitu prinsip overload dan prinsip spesialisasi. Padahal dalam teori kepelatihan, dalam melatih anak usia dini itu harus menggunakan berbagai macam prinsip latihan. Agar anak tidak stress dengan latihan yang terlalu monoton.
Ada 12 prinsip dalam latihan yaitu overload, overtraining, spesialisation, individualization, variable, recovery, refersibility, perkembangan multilateral, beban meningkat bertahap, melampau batas latihan, aktif partisipasi dalam latihan, dan proses latihan menggunakan model. Dari keduabelas prinsip latihan tersebut yang terpenting untuk melatih anak usia dini menurut saya adalah perkembangan multilateral, overtraining, aktif partisipasi dalam latihan, dan proses latihan menggunakan model. Perkembangan multilateral penting karena pada anak usia dini belum bisa diarahkan pada satu cabang olahraga. Mereka harus dibimbing menuju cabang olahraga yang memang pantas untuk struktur otot dan juga kemampuan yang dimiliki. Sehingga dengan demikian mereka bisa memilih sendiri cabang olahraga yang pantas dan cocok dengan yang mereka harapkan. Hal ini juga bisa menghindarkan anak mengalami frustasi dikarenakan salah dalam menentukan cabang olahraga yang ditekuni. Karena tidak cocok dengan jenis ototnya ataupun tidak sesuai dengan kemampuan bakat alaminya.
Selain itu prinsip overtraining menjadi penting dikarenakan pada prinsip ini anak dilatih sesuai dengan menghindari beban yang terlalu berat untuk kekuatan anak. Karena jika anak mengalami kelelahan yang berlebihan, akan mengakibatkan tingkat recoverynya menjadi semakin lama, dan yang paling berbahaya adalan anak mengalami stress yang berlebihan. Jika anak mengalami stress yang berlebihan, maka anak akan menjadi malas untuk berlatih lagi, karena dalam memori otak sang anak berfikiran bahwa dia akan melakukan latihan yang berat lagi, sehingga anak tidak akan ikut dalam latihan lagi karena takut akan mengikuti latihan yang berat lagi.
Kemudian pada prinsip aktif partisipasi dalam latihan menjadi penting dikarenakan pada prinsip ini diajarkan untuk terus aktif dalam melakukan latihan. dengan anak selalu aktif dalam mengikuti latihan, maka anak akan terus mengingat akan latihan yang telah dilakukannya pada hari itu. Jika mereka ingan dengan materi latihan yang telah diajarkan, maka pada hari senlanjutnya jika materi tersebut diajarkan kembali, akan masih apa yang harus mereka lakukan. Dengan begitu pelatih tidak harus terus-terusan memberikan contoh jika ingin memberikan materi yang sama pada hari-hari berikutnya.
Yang terakhir adalah proses latihan menggukan model. Prisip ini menjadi penting dikarenakan dalam prinsip ini latihan yang ajarkan menggunakan beberapa macam model. Contohnya dalam latihan tehnik mengoper bola. Dengan prinsip ini tehnik mengoper bola bisa menggunakan model latihan dengan lempar tangkap bola dengan teman. Ini bertujuan agak anak bisa mengira-ngira dan bisa merasakan kekuatan yang harus dikeluarkan dalam mengoper bola dengan jarak jauh atau jarak dekat. Setelah anak paham dan bisa mengoper bola dengan tepat dan bolanya bisa diterima dengan baik oleh temannya, maka anak baru diajarkan untuk mengoper bola dengan kaki. Dengan prinsip ini selain anak bisa mengetahui seberapa kekuatan yang harus digunakan dalam mengoper bola, namun anak juga bisa memiliki insting dalam operannya dan juga anak bisa saling bertukar pemahaman dengan temannya sendiri.selain itu anak juga bisa lebih mengeryi tentang tehnik mengoper bola ataupun tehnik-tehnik yang lainnya.
Selain kesalahan dalam metode pelatihannya, dalam pengamatan yang telah saya lakukan kemaren, ada lagi kesalahannya yaitu anak sudah diajarkan untuk mencapai prestasi, padahal seharusnya anak usia dini itu belum diarahkan kesitu, namun mereka masih diajarkan pada tehnik dasar bermain bola dan memberikan kesenangan kepada anak, agar anak bisa senang dengan sepakbola. Dengan anak senang dengan sepakbola maka mereka akan berusaha untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya, tanpa harus pelatih mengarahkannya. Karena takaran atlit sukses itu adalah prestasi.
Selain dari kedua tadi, saya juga melihat pada tingkatan diatasnya, adanya tingkat etika kedisiplinan yang kurang. Yang seharunya waktu efektif latihan tersebut 2 jam, namun karena masih banyak yang tidak disiplin sehingga hanya sekitar 1 jam waktu efektif latihan. ini seharusnya pelatih harus bisa mengkondisikan atlitnya agar bisa memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin. Karena jika hanya latihan selama 1 jam dan itu hanya bermain game, maka atlit tidak akan bisa mendapatkan kemampuan yang maksimal. Karena waktu efektif dalam latihan agar bisa mendapatkan hasil yang masimal adalah dengan 2-4 jam per hari. Dengan waktu seperti itu atlit bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tingkat daya tahannya pun akan semakin baik. Karena dalam pertandingan sepakbola, atlit dituntut untuk mampu bermain selama 90 menit dengan peforma yang stabil. Jika atlit hanya berlatih selama 1 jam waktu efektif, maka dia tidak akan mampu melaksanakan pertandingan dengan waktu 90 menit dengan peforma yang stabil. Pasti pada menit-menit terakhir akan mengalami penurunan pada stamina, kekuatan bahkan konsentrasinya.
Jika rasa kedisiplinan seorang atlit tidak dipupuk sejak kecil, maka saat atlit tersebut sudah menjadi atlit professional, maka etika tersebut akan masih dibawa dan atlit tersebut tidak akan bisa berkembang. Karena atlit professional adalah atlit punya etika yang baik dalam berolahraga. Dengan atlit-atlit muda tersebut dididik atike dalam berolahraga, selain akan menghasilkan atlit yang mempunyai kualitas yang baik dalam fisik dan tehnik, namun juga mempunyai mental dan kematangan juara yang baik. Karena dengan memiliki etika yang baik, maka atlit tersebut juga akan menjunjung tinggi sportivitas dalam berolahraga. Selain itu atlit juga bisa mempunyai rasa tanggung jawab yang baik. Dengan memiliki etika yang baik maka atlit juga mempunyai perilaku yang baik pula didalam maupun diluar lapangan.
 Dalam sepakbola sangat dijunjung tinggi rasa fair play, namun saat ini masih banyak pemain professional di Liga Indonesia masih kurang bisa memahami istilah fair play. Ini mungkin dikarenakan tidak adanya pemberian pemahaman fair play sejak dini. Karena jika anak pada usia dini sudah diajarkan untuk bermain fair play,  maka pada saat dewasa nanti mereka akan bisa bermain secara fair play dan bisa menghargai keputusan wasit. Sebenarnya jika atlit sepakbola di Indonesia bisa bermain fair play, maka dalam pertandingannya akan terlihat indah dan tidak akan ada kerusuhan yang bisa mengakibatkan perpecahan, karena perpecahan itu timbul disebabkan tidak ada pengetahuan yang luas dari pemain itu sendiri tentang peraturan dan nilai-nilai sportivitas dalam sepakbola.
Dalam setiap olahraga, para atlet diwajibkan untuk stretching (pemanasan), karena pemanasan sangat penting untuk melemaskan otot-otot yang masih tegang. Namun dalam latihan yang saya amati terdapat kesalahan-kesalan mendasar dari pelatih yang kurang diperhatikan, namun dapat berakibat fatal. Contohnya pada saat stretching (pemanasan). Saat anak-anak didik tersebut melakukan pemanasan, ada banyak sekali kesalahan yang dilakukannya dan tidak ada sikap yang tegasa dari pelatih untuk membetulkannya. Misalnya tidak ada keseriusan dalam melakukan pemanasan. Pemansan seharusnya dilakukan dengan serius dan urut dari otot atas menuju otot bawah. Jika pemanasan tersebut tidak dilakukan dengan serius, maka dampaknya adalah pemain bisa mengalami cidera yang serius. Contohnya pada otot kaki bagian bawah. Pada otot ini jika tarikan pada saat pemanasan tidak maksimal, maka hasilnya otot tidak akan fleksible. Sehingga pada saat berlari atau menendang bola, karena otot masih dalam keadaan tegang maka pemain akan rawan terkena cidera pada otot kakinya.
Selain itu pada hari yang lain tepatnya pada minggu tanggal 21 April 2013, saya melihat kalau ada kesalahan dalam melatih anak-anak yang sudah senior, yaitu pelatih tidak menggunakan prinsip overload yaitu beban meningkat. Saya melihat bahwa beban yang diberikan kepada atlet tersebut tetap, dan bahkan berkurang. Pada minggu sebelumnya, saya melihat latihan yang dilakuan adalah lari 5 kali putaran lapangan, kemudian melakukan stretching, melakukan latihan fisik (namun dari yang saya amati kurang maksimal, karena banyak yang tidak melakukannya dengan serius), kemudian langsung game. Namun pada minggu setelahnya tidak ada fariasi latihan, latihan hanya lari 5 kali, stretching, melakukan latihan fisik, latihan tehnik menendang (dilakukan hanya sebentar, dan kurang efektif), dan game.  Jika pada minggu pertama latihan dilakukan dengan jangka waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam, namun ada penurunan pada hari kedua yaitu hanya 2 jam. Selain dari penurunan pada waktu pelaksanaan, juga tidak adanya penambahan beban pada saat latihan fisik. Seharusnya jika atlet telah mengalami adaptasi pada minggu pertama, maka pada minggu kedua frekuensi latihan ditambah atau dinaikan. Agar kemampuan atlet juga bisa bertambah. 

22 komentar:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan pada awal akun permainan judi atau taruhan online buat anda di agen judi online yg berderajat International, benar dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man terhadap beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-taruhan-sportbooks-handicap-hdp/
    https://agenzeus.net/langkah-mengkalkulasi-pasaran-atau-odds-permainan-sabung-ayam/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-sicbo-atau-dadu-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  2. BONUS MEMBER BARU 20%

    CemePoker ialah duta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg delegasi judi poker dengan rating win tertinggi.
    cemesamgong.com menjamin 100% keamanan para membernya semula pemain Poker saya dipastikan 100% Player VS Player.
    jangan sampai teledor nantikan kompensasi merengkuh setiap bulannya dan bunga referal sebaya pandangan hidup

    Baca juga :
    artikel poker

    Ayo main sekarang di www.cemesamgong.com

    BalasHapus
  3. TIDAK PUNYA SALDO UNTUK BERJUDI ?? TAPI MEMILIKI BANYAK PULSA ???

    SEGERA SEKARANG DAFTAR DI ZEUSBOLA(.)BIZ DAPATKAN DEPOSIT VIA PULSA, DEPOSIT VIA OVO, DEPOSIT VIA PAYPRO, DEPOSIT VIA ATM ALL BANK INDONESIA !!

    MINIMAL DEPOSIT HANYA 25RB SAJA BOSSKUUU !!!!

    ZEUSBOLA JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS SEPERTI DEPOSIT VIA PULSA, DEPOSIT VIA OVO, DEPOSIT VIA ATM BANK LOHH !!!

    BURUAN DAFTAR DAN MAINKAN GAMES KEGEMARAN ANDA BERSAMA SITUS BETTING ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA !!

    http://134.209.98.69/deposit-poker-pakai-ovo-lebih-praktis/

    http://134.209.98.69/promo-bonus-freechip-ramadhan-situs-online/

    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUTNYA HUBUNGI :
    Whatsapp : 0813-3355-2228
    SMS : 0813-3355-2228
    LINE : zeusbola
    BBM : bolazeus

    BalasHapus
  4. ayo bergabung dengan Bolavita sabung ayam pisau banyak bonus2 paling menarik
    dan tanpa ribet syarat cuma depo dan langsung di berikan
    Proses depo wd secepat kilat buktikan sendiri ^^

    info lebih lanjut:

    WA: +628122222995

    BalasHapus
  5. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    Info hub :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  6. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari & Mingguan!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......


    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  7. Zeus Bola Agen Terpercaya dan Teraman di Indonesia.....

    Keamanan & Kenyamanan Member Merupakan PRIORITAS UTAMA KAMI, Berapapun Kemenangan Anda Akan Dibayar Tuntas!

    Anda MENANG, Kami SENANG BOSSS

    Segara Daftar Bandar Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Di ZEUSBOLA.WIN, Untuk PENDAFTARAN SEGARA
    KLIK DISINI


    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : wa.me/6281333555996
    Telegram : t.me/zeusbola

    BalasHapus
  8. Permainan Slot Terbaik Dengan RTP Tertinggi Saat ini...
    Winning303 Menjadi Best Slot Agent Saat ini...
    Menawarkan Ratusan Permainan Slots Terbaiknya...
    -Pragmatic Play
    -Game Play
    -Microgaming
    -Spadegaming
    -De Macao Slot
    -Playtech
    -Top Trend Gaming
    -Habanero
    -Joker Gaming

    Pengalamanan Seru Akan Anda Dapatkan Disini...

    Segera Bergabung Dengan Kami...Dapatkan Bonus Rollingan Setiap Hari....

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  9. Ayo Bergabung bersama Museumtoto

    AGEN JUDI TOGEL TERBARU

    * BONUS NEW MEMBER 20 %
    * BONUS NEXT DEPOSIT 5 %
    * BONUS CASHBACK 10 %

    Contact Resmi Museumtoto

    WA : +6282267932581
    Telegram : +6282267932581
    Terima Kasih

    link kami : museumtogel.site

    BalasHapus
  10. SITUS JUDI ONLINE MUSEUMTOTO TERPERCAYA

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Museum Toto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL
    DEPOSIT VIA XL
    DEPOSIT VIA AXIS

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 20% New Member
    - Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    - Bonus Cashback 5% - 10%

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921


    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    CLUB388
    SV388

    BalasHapus
  11. Kalah Bermain Judi Online? Bosan Dengan Permainan Itu-itu Saja? Yuk Coba Beralih Ke Judi Bola dan Pasan Tim Favoritmu
    Permainan yang Cocok Bagi Anda yang Gemar Nonton SepakBola dan Ingin Mendapatkan Keuntungan, Disinlah Tempatnya
    Jangan Khawatir Cukup Deposit 20 Ribu Saja Dengan Minimal Taruhan 10 ribu saja Anda Dapat Memasang Tim Andalan Anda Dengan Odds Terbaik di Indonesia Bersama MuseumAyam Agen Judi Bola Online Terpercaya dan Terbaik.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Situs Togel Online
    Museumbola Slot Pragmatic
    Sabung Ayam sv388
    Museum Bola

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    BalasHapus
  12. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    Klik ====>Demo Pragmaticplay

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,me (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  13. Situs Judi Slot Game Terpopuler Menerima Deposit Pulsa Tanpa Potongan Menjadi Incaran berbagai kalangan. Dengan didukung oleh provider judi slot game terbaik yaitu JDB yang hanya tersedia di SV388.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Sidney
    Museumbola Slot IDN
    Sabung Ayam sv388
    daftar taruhan toto
    Museum Poker
    Poker Online Pulsa

    BalasHapus
  14. Suka bermain slot ?
    Mau bonus 100% dengan syrat TO 7x?
    Wow sekali...

    Tunggu apalagi kawan mari join bersama kami di WINNING303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

    BalasHapus
  15. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  16. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS TOGEL ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021

    YUK CLAIM ANGPAO Rp.50.000,- SEKARANG JUGA
    BURUAN SEBELUM KEHABISAN!
    Periode 12 - 14 Feb 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  17. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Poker Online Indonesia Deposit Pulsa Potongan Terbaik

    Situs Poker Online Deposit Pulsa Terbaik

    BalasHapus
  18. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    �� www,MBO128,club ��

    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :
    EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDER
    BONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!
    LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128

    BalasHapus
  19. GAMES SLOT TERPECAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    Situs Daftar Slot Games Deposit pulsa Murah

    Poker Domino Deposit Pulsa
    Poker Bonus New Member
    Poker Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    CLUB388CASH ADALAH SISTUS AGEN BANDAR TARUHAN ONLINE TEPECAYA YANG MEMILIKI BANYAK PERMAINAN HANYA MENGGUNAKAN 1 AKUN ATAU 1 USER ID SAJA SEMUA DAPAT DI MAINKAN SEMUA DI PERMAINAN CLUB388CASH. TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

    CS 24jam Online
    JANGAN SAMPAI KEHABISAN FREECHIPSNYA !!

    SEHAT SELALU UNTUK KITA SEMUA ...ALWAYS THANKFULL AND GRATEFULL ^^

    BalasHapus
  20. Menang kalah dpat Bonus 5% ayo bermain casino di bolavita
    semakin byj bermain semakin banyk Rolingan ny...
    ayo tgu apa lagi silahkn regis dan buktikan sendri ^^
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

    BalasHapus
  21. Temukan pot emas di Leprechaun Song, slot video 5×3, 20 baris. Saat leprechaun bernyanyi, pukul salah satu harta karun acak di setiap putaran – hujan belantara, pilih hadiah dan simbol raksasa. Pukul putaran bonus dengan berbagai cara, karena leprechaun memberikan kesempatan kedua. Game bonus memberikan satu fitur acak – simbol jelajah raksasa, putaran gratis dengan simbol yang diubah menjadi liar, dan kolektor koin, Progressive Free SpinsReview Leprechaun Song Dari Pragmatic Play

    BalasHapus
  22. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
    MELAYANI 24JAM LOH..
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus